Negara yang Beribukota Dushanbe? Inilah Jawabannya

Artikel ini membahas negara yang beribukota Dushanbe, fakta-faktanya, informasi geografis, dan beberapa informasi menarik lainnya tentang negara tersebut.

Dushanbe merupakan ibukota sebuah negara yang terletak di Asia Tengah, yaitu Tajikistan. Negara ini dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet, tapi kemudian memerdekakan diri pada tanggal 9 September 1991 setelah negara adidaya tersebut bubar.


Dengan luas wilayah hanya 143,100 km2, Tajikistan merupakan negara terkecil di Asia Tengah. Selain itu, karena terletak di tengah-tengah benua, Tajikistan menjadi negara yang terkurung daratan atau landlocked country.

Lebih dari lima puluh persen wilayah negara Tajikistan memiliki ketinggian lebih dari 3000 meter di atas permukaan laut. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu mungkin akan banyak melihat banyak pemandangan indah dan spektakuler berupa pegunungan-pegunungan yang puncaknya diselimuti salju.

Sebuah Pegunungan di Tajikistan
Sumber: Flickr
Sebagai informasi, Tajikistan memiliki tiga gunung atau puncak yang tingginya lebih dari 7000 meter! Gunung yang pertama dan tertinggi adalah Puncak Ismoil Somoni yang berdiri megah hingga ketinggian 7495 meter. Yang kedua adalah Puncak Ibnu Sina dengan ketinggian 7134 meter, dan yang terakhir adalah Puncak Korzhenevskaya dengan ketinggian 7105 meter.

Banyaknya gunung-gunung tinggi nan indah di Tajikistan membuat negara ini menjadi salah satu tujuan populer bagi para pecinta gunung. Pariwisata di Tajikistan menawarkan banyak kegiatan petualangan seperti mendaki gunung, bermain ski, seluncur salju (snowborading), dan lain-lain.

Di antara datarannya yang tinggi-tinggi, Tajikistan juga memiliki sejumlah danau yang pemandangannya sangat memukau dan menakjubkan. Danau Karakul yang terletak di Taman Nasional Tajik merupakan salah satu danau yang sangat indah yang ada di Tajikistan.

Danau Karakul dengan latar belakang pegunungan bersalju yang indah
Sumber: Wikimedia Commons
Danau lainnya yang terkenal di Tajikistan adalah Danau Iskanderkul yang terletak di ketinggian 2195 meter di pegunungan di Provinsi Sughd. Selain terkenal dengan keindahannya, danau tersebut memiliki bentuk segitiga dan mencakup area seluas 3,4 km persegi.

Danau Iskanderkul sendiri mendapatkan namanya dari Iskander, nama Persia dari Alexander the Great. Danau dan sekitarnya merupakan habitat bagi berbagai satwa liar setempat, termasuk burung yang bermacam-macam.

Selain dikenal sebagai negara yang sangat bergunung-gunung, berikut adalah beberapa fakta lain mengenai Tajikistan yang perlu diketahui.

1. Memiliki Bendungan Kedua Tertinggi di Dunia

Bendungan Nurek yang terletaj di Sungai Vakhsh di Tajikistan dulunya merupakan bendungan buatan manusia tertinggi di dunia. Namun gelar itu kini dimiliki oleh Bendungan Jinping-I yang terletak di Tiongkok.

Bendungan Nurek sendiri utamanya digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air. Pembangunan bendungan ini dimulai pada tahun 1961 dan generator pertama dipasang pada tahun 1972.

2. Memiliki Gletser Terpanjang di Dunia di Luar Wilayah Kutub

Pegunungan tinggi merupakan salah satu anugerah bagi Tajikistan. Selain menawarkan pemandangan yang sangat indah, pegunungan di negara ini juga merupakan rumah bagi gletse terpanjang di dunia yang berada di luar wilayah kutub.

Gletser tersebut bernama Gletser Fedchenko yang terletak di Pegunungan Yazgulem di Pegunungan Pamir di Provinsi Gorno-Badakhshan, Tajikistan. Gletser ini meliputi area seluas 700 km persegi dan memanjang hingga 77 km jauhnya.

Titik paling tebal yang terdapat di Gletser Fedchenko memiliki kedalaman hingga  1000 meter atau 1 km!

3. Nama Dushanbe Diambil dari Nama Hari

Tahukah kamu kalau ibukota Tajikistan, Dushanbe berarti Senin dalam bahasa Tajik. Nama tersebut dipilih sejak Dushanbe tumbuh dari desa menjadi sebuah kota yang ramai dan populer karena mengadakan pasar mingguan di hari Senin.

Benteng Hissar di Dushanbe, Tajikistan
Sumber: Flickr

4. Legenda Yeti Juga Lazim di Tajikistan

Selain muncul di Pegunungan Himalaya, laporan tentang keberadaan orang-orang salju atau yeti juga muncul di wilayah pegunungan Pamir di Tajikistan. Hal ini membuat legenda yeti juga lazim di negara tersebut, khususnya karena Tajikistan merupakan negara bergunung-gunung yang diselimuti salju.

5. Memiliki Lebih dari 900 Sungai

Meskipun sebagian besar wilayah negara Tajikistan berupa dataran tinggi, negara ini memiliki jaringan sungai yang padat. Tajikistan memiliki lebih dari 900 sungai yang panjangnya lebih dari 10 km. Bahkan beberapa sungai terpanjang di Asia Tengah mengalir melalui negara ini. Syr Darya dan Amu Darya adalah dua sungai terbesar di Tajikistan.

Nah, itulah sedikit bahasan tentang negara yang beribukota Dushanbe, yaitu Tajikistan. Indonesia dan Tajikistan memiliki dua kesamaan utama, yaitu mayoritas penduduknya beragama Islam dan rentan akan bencana gempa bumi karena Tajikistan terletak di zona aktif seismik.

Sumber gambar utama: Wikipedia

Belum ada Komentar untuk "Negara yang Beribukota Dushanbe? Inilah Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel