5 Negara Tertua di Dunia yang Masih Tegak Berdiri

Artikel ini membahas informasi menarik tentang negara tertua di dunia. Negara-negara di bawah ini telah ada sejak ratusan dan bahkan ribuan tahun Sebelum Masehi.

Suatu negara merupakan entitas politik yang mempertahankan kedaulatan total atas wilayah dan rakyatnya. Saat ini terdapat 195 negara berdaulat di seluruh dunia yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB.

Negara-negara tersebut ada yang baru terbentuk berpuluh-puluh tahun silam dan ada juga yang sudah berdiri sejak ribuan tahun lamanya. Berikut ini adalah lima negara tertua di dunia yang masih ada hingga saat ini yang perlu diketahui.

1. Mesir

Piramida di Giza, Mesir
Sumber: Flickr
Siapa yang tidak kenal dengan Mesir? Memiliki julukan Negeri Piramida, Mesir disebut-sebut sebagai negara tertua di dunia yang masih ada hingga saat ini.

Meskipun peradaban Mesir kuno diketahui telah ada sejak 6000 tahun SM atau Sebelum Masehi, tapi dinasti pertama di Mesir disebutkan baru berdiri pada sekitaran tahun 3150-an Sebelum Masehi (milenium ke-4 SM). Hal itu membuatnya diklasifikasikan sebagai negara tertua di dunia.

Semenjak berdiri, wilayah Mesir berkali-kali jatuh ke tangan yang berbeda-beda, seperti Kerajaan Persia dan Kerajaan Ottoman. Kemudian negeri ini ditaklukan oleh bangsa Arab pada abad ke-9 hingga ke-10 Masehi dan tetap menjadi negari Muslim sejak saat itu.

Mesir sangat populer di dunia karena memiliki banyak peninggalan sejarah yang mengagumkan. Salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari tanah Mesir adalah Piramida Giza yang telah berusia ribuan tahun.

Sejarah Mesir yang sangat panjang memerlukan bab tersendiri untuk membahasnya. Jadi, informasi yang ada di sini hanya sekilas saja. Di bawah ini adalah beberapa fakta utama Mesir saat ini.
  • Ibukota: Kairo
  • Luas: 1.010.408 km persegi
  • Penduduk: 94.798.827 (sensus tahun 2017)
  • Bahasa resmi: Arab
  • Mata uang: Pound Mesir (E£) (EGP)

2. Tiongkok

Tembok Besar China
Sumber: Flickr
Negara tertua di dunia selanjutnya adalah Tiongkok. Disebutkan kalau dinasti Tiongkok yang pertama kali berdiri adalah Dinasti Xia yang berdiri dari sekitaran tahun 2070 SM hingga 1600 SM.

Sebenarnya sulit untuk menentukan dengan tepat kapan dinasti Tiongkok pertama muncul. Hal itu karena catatan tertulis tentang sejarah negeri itu berawal dari Dinasti Shang (sekitar tahun 1600 SM - 1046 SM).

Meskipun demikian, keberadaan Dinasti Xia disebutkan dalam catatan sejarah seperti Bamboo Annals, Classic of History, dan Records of the Grand Historian. Hal ini juga dikuatkan dengan ditemukannya beberapa situs yang menunjukan keberadaan Dinasti Xia pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Masa dinasti Tiongkok berlangsung hingga tahun 1912 ketika Dinasti Qing berakhir dan republik dibentuk. Republik Rakyat Tiongkok didirikan pada tahun 1949 dan berlanjut hingga saat ini sebagai negara Tiongkok modern.

Tiongkok juga memiliki satu warisan budaya dunia yang sangat terkenal, yaitu Tembok Besar Tiongkok yang dibangun sejak masa Dinasti Qin (berdasarkan bukti tertulis yang bisa diterima umum). Berikut adalah beberapa fakta utama Tiongkok modern.
  • Ibukota: Beijing
  • Luas: 9.596.961 km persegi
  • Penduduk: 1.403.500.365 (perkiraan tahun 2016)
  • Bahasa resmi: Mandarin
  • Mata uang: Renminbi (yuan; ¥) (CNY)

3. India

Taj Mahal di Agra, India
Sumber: Pixabay
Disebutkan kalau anak benua India telah dihuni oleh manusia sejak sekitaran tahun 3300 SM yang dimulai dengan Peradaban Lembah Indus. Meskipun penduduk di wilayah tersebut membentuk salah satu peradaban kota paling awal di dunia, awal mulanya India menjadi sebuah bangsa dimulai pada Periode Veda yang berlangsung sejak sekitaran tahun 1500 SM - 600 SM.

Penamaan periode waktu ini didasarkan pada teks-teks Veda yang secara lisan disusun dalam bahasa Sansekerta Veda dan memberikan rincian budaya Veda. Peradaban Veda meletakkan dasar-dasar agam Hindu serta beberapa aspek budaya dari anak benua India yang masih ada sampai sekarang. Selain itu, teks-teks Veda juga masih dianggap suci oleh umat Hindu modern.

Selama ribuan tahun berikutnya, negara India melewati berbagai dinasti yang berbeda-beda, dengan India modern didirikan pada tahun 1947 setelah negara itu memperoleh kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris.

India juga memiliki banyak peninggalan sejarah, tapi satu yang paling terkenal di dunia adalah Taj Mahal. Monumen yang terletak di Agra tersebut dibangun pada masa Kekaisaran Mughal sebagai sebuah musoleum untuk istri sang kaisar yang dikenal dengan nama Mumtaz Mahal.
  • Ibukota: New Delhi
  • Luas: 3.287.263 km persegi
  • Penduduk: 1.324.171.354 (perkiraan tahun 2016)
  • Bahasa resmi: Hindi, Bahasa Inggris
  • Mata uang: Rupee India (₹) (INR)

4. Ethiopia

Sebuah bangunan bersejarah di Ethiopia
Sumber: Flickr
Ethiopia adalah negara tertua di dunia selanjutnya yang berdiri di tanah Afrika. Negara ini terletak di selatan Mesir dan hanya dipisahkan oleh satu negara saja, yaitu Sudan.

Meskipun kehidupan manusia disebutkan telah ada di Ethiopia sejak jutaan tahun yang lalu, tapi umumnya disepakati bahwa Ethiopia baru berkembang sebagai negara pada sekitaran tahun 980 SM. Saat kerajaan pertama di Ethiopia muncul yang dikenal sebagai Kerajaan Dʿmt.

Kerajaan Dʿmt sendiri berlangsung sejak sekitaran tahun 980 SM hingga 400 SM. Orang-orang dari kerajaan ini mengembangkan skema irigasi, menggunakan bajak, menanam milet, dan membuat alat-alat berbahan besi dan membuat senjata.

Setelah kejatuhan Kerajaan Dʿmt, negeri itu kemudian dipimpin oleh Kerajaan Aksumite yang berlangsung sejak sekitaran tahun 100 M hingga tahun 940 M. Selanjutnya Ethiopia dikuasai oleh Dinasti Zagwe dan Kekaisaran Ethiopia hingga tahun 1974.

Ethiopia adalah salah satu dari sedikit negara Afrika yang tidak pernah jatuh ke tangan penjajah, dengan pengecualian ketika diduduki selama beberapa tahun di bawah pemerintahan Italia Mussolini pada tahun 1930-an.
  • Ibukota: Addis Ababa
  • Luas: 1.104.300 km persegi
  • Penduduk: 102.403.196 (perkiraan tahun 2016)
  • Bahasa resmi: Amhari
  • Mata uang: Birr (ETB)

5. Yunani

Parthenon di Athena, Yunani
Sumber: Flickr
Yunani adalah sebuah negara yang terkenal akan dewa dewinya. Semenjak era Yunani Kuno, negara ini tetap berada dalam genggaman orang-orang Yunani selama setidaknya 5.000-6.000 tahun.

Periode Yunani Kuno merupakan salah satu periode waktu paling menonjol di negara itu karena meletakkan dasar bagi periode Klasik Yunani, yang dikenal untuk membangun dasar-dasar peradaban Barat modern.

Periode dalam sejarah Yunani ini dimulai sekitar tahun 800 SM. Selama periode Archaic, orang-orang Yunani membuat kemajuan besar dalam bidang sains, teknologi, seni dan sastra, pembuatan hukum dan politik.

Selama periode waktu ini juga alfabet Yunani dikembangkan, bersamaan dengan lembaga demokrasi paling awal. Yunani Kuno kemudian diikuti oleh Yunani Romawi, Yunani Bizantium, dan Yunani Ottoman, dengan periode Yunani modern dimulai pada tahun 1821 setelah terjadinya Revolusi Yunani.

Yunani yang sekarang tentunya memiliki perbatasan yang berbeda dengan Yunani yang dulu. Meskipun pernah jatuh ke tangan yang berbeda-beda, banyak dari budaya asli negeri ini tetap terjaga dan menjadikannya sebagai salah satu negara tertua di dunia.

Yunani juga memiliki banyak peninggalan budaya yang berupa bangunan. Salah satu situs bangunan kuno yang paling terkenal di Yunani adalah Parthenon.
  • Ibukota: Athena
  • Luas: 131.957 km persegi
  • Penduduk: 10.768.477 (perkiraan tahun 2017)
  • Bahasa resmi: Amhari
  • Mata uang: Euro (€) (EUR)

Baca artikel menarik lainnya tentang dunia di sini.

Belum ada Komentar untuk "5 Negara Tertua di Dunia yang Masih Tegak Berdiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel