Harga Beberapa Makanan Pokok di Inggris Tahun 2019


Apakah kamu punya rencana untuk berkunjung atau tinggal di Inggris untuk sementara waktu? Jika ya maka kamu harus mengetahui dulu informasi seputar harga makanan di sana.

Sebagai negara maju dengan standar hidup yang tinggi, tentunya harga makanan di Inggris jauh mahal ketimbang di Indonesia.

Numbeo menyebutkan bahwa biaya hidup di Inggris adalah 84,25% lebih mahal dari pada di Indonesia. Sementara itu, biaya sewa akomodasinya adalah 264,21% lebih mahal dibanding di negara kita.

Di bawah ini adalah data-data terbaru mengenai biaya hidup di Inggris dalam hal harga beberapa makanan pokok. Let's grab the information!

1. Beras

Beras bukanlah makanan pokok masyarakat Inggris. Tapi makanan ini tidak bisa lepas dari kehidupan orang Indonesia seperti kita. Jadi kemanapun kita pergi, beras atau nasi harus ada dalam daftar menu makan kita. Jika tidak biasanya kita akan merasa lemas.

Harga beras (putih) di Inggris dapat dibilang masih terjangkau untuk masyarakat Indonesia. 1 kg beras di negara Ratu Elizabeth tersebut dibanderol dengan harga 0,91 Pound Sterling. Jika dirupiahkan maka akan bernilai sekitar Rp 17 ribuan (rata-rata di Indonesia adalah Rp 12.500).

2. Daging Ayam

Umumnya daging ayam yang dijual di Inggris adalah bagian dada tanpa tulang dan kulit (boneless dan skinless). Jika ingin membeli daging ayam di Inggris maka kamu harus siap-siap merogoh kocek sekitar 5,69 Pound Sterling atau sekitar Rp 100 ribuan per kg.

Harga tersebut adalah sekitar 3 kali harga daging ayam normal di Indonesia dalam hitungan kilogram. Sementara harga untuk produk yang sama di negara kita adalah sekitar Rp 45 ribu. Siap membuat opor ayam tanpa tulang dan kulit di tanah Sang Ratu?

3. Daging Sapi (Beef Round)

Karena daging sapi adalah salah satu bahan makanan utama di Inggris, maka harga makanan ini terbilang murah di sana. Jika di Indonesia kita harus mengeluarkan uang sekitar Rp 118 ribu untuk 1 kg daging sapi, maka di Inggris adalah sekitar 7,43 Pound Sterling atau setara dengan Rp 138 ribu.

Jika dibandingkan dengan pendapatan masyarakat Inggris yang mencapai angka 45.000 Dolar Amerika (Rp 650 jutaan) per tahun, maka harga daging sapi di sana tergolong sangat murah.

Sebagai informasi, pendapatan masyarakat Indonesia masih di bawah 5000 Dolar Amerika per tahun. Oleh karenanya, harga daging sapi masih tergolong cukup mahal bagi sebagian besar rakyat negeri ini.

4. Susu

Jika kamu suka minum susu dan akan pergi ke Inggris, maka kamu tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk sumber protein tersebut.

Mengapa demikian? Karena harga 1 liter susu di Inggris dijual lebih murah dari pada di Indonesia. Kok bisa sih? Masyarakat barat umumnya gemar minum susu. Selain itu, hasil susu di kawasan tersebut juga melimpah karena dukungan teknologi mutakhir.

Lalu berapa harganya? 1 liter susu reguler di Inggris dibanderol sekitar 0,90 Pound Sterling atau sekitar Rp 16 ribuan. Sementara harga susu di Indonesia ada di angka Rp 17 ribuan.

5. Telur

Telur adalah sumber makanan berprotein lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan di seluruh dunia termasuk Inggris. Jenis telur yang paling umum dijual adalah telur ayam. Selain dijual curah, telur ayam juga biasanya dijual dalam satu pak reguler berisi 12 biji.

Harga satu pak telur reguler di Inggris adalah sekitar 1.84 Pound Sterling (Rp 34 ribuan). Sedangkan di Indonesia bahan makanan lezat tersebut bisa kita beli dengan harga Rp 18 ribuan untuk ukuran yang sama.

6. Roti

Di Indonesia roti adalah salah satu makanan pengganti nasi. Sebaliknya di Inggris roti adalah salah satu makanan pokok masyarakatnya. Harga roti di kedua negara tidak jauh berbeda. Jika sepotong roti putih segar (500 g) dijual Rp 15 ribuan di Indonesia, maka di Inggris harganya sekitar 1 Pound Sterling atau Rp 18 ribuan. Cukup murah, bukan?

7. Keju

Ini adalah salah satu makanan yang paling digemari di dunia, terutama di negara-negara Barat. Bahkan saat ini jumlah makanan dengan tambahan atau bahan dasar keju telah meningkat tajam jumlahnya.

Bagi sebagian masyarakat kita, keju adalah sebuah bahan makanan spesial. Walaupun bukan asli makanan Indonesia, tapi rasa pada keju mudah diterima oleh lidah orang Indonesia.

Bagaimana dengan harga keju di Inggris? Dapat dibilang keju di negara beribukota London tersebut dihargai setara dengan harga keju di Indonesia. 1 kg keju lokal di Inggris dibanderol dengan harga hanya 5,37 Pound Sterling (Rp 106 ribuan), sementara keju lokal Indonesia dijual dengan harga Rp 105 ribuan).

8. Air Mineral

Apapun makanannya, minumnya tetap air mineral. Di Indonesia, harga rata-rata untuk sebotol air mineral ukuran 1,5 liter ada di angka Rp 6 ribuan. Sedangkan di Inggris untuk produk yang sama dijual dengan harga 0,95 Pound Sterling (Rp 17 ribuan).

Negara kita memiliki sumber air minum yang melimpah. Dengan demikian, kita tidak perlu membayar mahal untuk hal itu. Sebagai bentuk syukur, kita harus menjaga alam kita agar air bersih tetap mengalir untuk kehidupan.

Itulah beberapa harga makanan pokok di Inggris yang perlu kamu ketahui. Nantikan informasi selanjutnya tentang bahasan yang sama hanya di Diksapedia.

Source: Numbeo
Gambar: Canva

Belum ada Komentar untuk "Harga Beberapa Makanan Pokok di Inggris Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel