Cara Belanja Menggunakan BNI Debit Online dengan Mudah

Saat ini belanja secara online sudah menjadi sebuah gaya hidup kaum urban. Hanya dengan menggunakan perangkat ponsel pintar saja, kamu sudah dapat membeli barang yang kamu inginkan via toko online.

Saking suburnya pertumbuhan belanja online, jumlah masyarakat yang melakukan aktivitas berbelanja langsung di pusat-pusat perbelanjaan telah mengalami penurunan. Hal itu salah satunya ditandai dengan tutupnya banyak supermarket di berbagai daerah.

Tidak hanya di pasar dalam negeri, belanja online juga kini telah merambah pasar internasional. Hal ini umumnya terjadi karena konsumen tidak menemukan barang yang mereka inginkan di toko-toko online domestik.

Akan tetapi, belanja online di merchant luar tidak semudah belanja online di negeri sendiri. Selain harus berurusan dengan pihak bea dan cukai (untuk barang dengan jumlah dan harga tertentu), pembeli juga hanya memiliki sedikit opsi pembayaran.

Tapi bagi nasabah Bank BNI, belanja online di merchant dalam dan luar negeri kini lebih mudah dan aman dengan adanya fasilitas BNI VCN (Virtual Card Number).

VCN atau BNI Debit Online adalah suatu model inovasi pembayaran yang mudah, aman dan nyaman untuk transaksi belanja online di Merchant Online, mekanismenya dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli Kartu Debit BNI berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan BNI.

VCN (Virtual Card Number) sendiri berisi data informasi BNI Debit Online berupa nomor kartu virtual 16 digit, masa berlaku (mm/yy) dan nomor CVC 3 digit. Informasi tersebut didapat melalui SMS yang diterima nasabah dari kegiatan request VCN melalui layanan BNI SMS Banking.

Selanjutnya VCN dapat digunakan pada kolom yang tersedia pada halaman pembayaran merchant online yang terdapat logo MasterCard. Dan VCN ini memiliki masa berlaku hingga satu minggu kedepan. Jika hangus atau tidak terpakai, maka dana tetap akan tersimpan di rekening tabungan kita.

Bagaimana mekanismenya? Misal jika kamu ingin membeli barang di merchant luar dengan harga 10 USD atau sekitar Rp 140 ribu, maka kamu bisa request VCN dengan nominal yang sama (sebaiknya dilebihkan Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu).

Jika masih ada sisa uang di dalam VCN, maka hal itu akan tetap dimasukan ke dalam rekening kita. Berikut ini adalah cara mendapatkan VCN BNI.

1. Request VCN melalui Syntax (perintah)

Ketik SMS BELIVIRTUALCARDNUMBER[Nominal] lalu kirim ke nomor 3346. Kemudian kamu akan menerima SMS balasan dengan perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN kamu.

Lalu kamu akan mendapatkan SMS balasan kembali yang berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yg terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan / tahun), 3 digit nomor CVC2.

2. Request VCN melalui BNI USSD (Akses *141#)

Provider Telkomsel di akses : *141*1#

Provider Indosat & XL di akses : *141*2#

Setelah melakukan akses di atas, berikut urutan langkah untuk Request VCN:
  • Pilih menu "e-Commerce"
  • Pilih menu "e-Payment "
  • Pilih menu "BNI Debit Online (VCN)"
  • Masukkan angka nominal BNI Debit Online (VCN) tanpa Rp, koma, maupun titik
  • Masukkan 2 (dua) digit PIN BNI SMS Banking-mu
  • Notifikasi SMS akan dikirim ke nomor hp kamu

3. Request VCN melalui aplikasi BNI SMS Banking Menu

Kamu dapat mengunduh aplikasi BNI SMS Banking di Play Store dan App Store. Selanjutnya kamu bisa membuat VCN dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Setelah VCN didapatkan, kamu hanya bisa menggunakannya untuk satu kali transaksi saja. Jika ingin melakukan transaksi lain, silahkan untuk membuat VCN lainnya dengan nominal yang sesuai dengan harga barang yang ingin kamu beli.

Jika harga produk terpampang dalam mata uang asing, kamu bisa membuka kalkulator kurs di web untuk mengetahui nilai produk dalam rupiah. Silahkan untuk mengisi nominal VCN (saat request) sesuai harga barang dalam rupiah. Selengkapnya baca di sini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Belanja Menggunakan BNI Debit Online dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel