Inilah 7 Layanan Streaming Musik Terbesar di Dunia


Layanan streaming musik berbasis cloud saat ini sedang berkembang pesat. Selain mampu menghemat ruang penyimpanan ponsel, pengguna juga dapat menemukan jutaan lagu yang mereka inginkan dalam satu wadah.

Layanan streaming musik ini bisa diakses secara gratis loh. Modal utama yang perlu kamu miliki untuk menikmatinya adalah jaringan internet. Dan dengan akses yang mudah, kamu bisa mendengarkan lagu yang ingin kamu putar dengan cepat.

Beberapa penyedia layanan menawarkan fitur yang lebih lengkap di versi berbayar atau premium mereka. Dengan menjadi pelanggan berbayar, pastinya kamu akan menikmati berbagai keunggulan dalam streaming musik dibanding versi yang gratis.

Ada beberapa layanan streaming musik yang populer saat ini, sebut saja Spotify. Dengan lebih dari 170 juta pengguna, Spotify masuk dalam daftar layanan streaming musik yang paling banyak digunakan di dunia.

Selain Spotify, berikut ini adalah layanan streaming musik yang paling populer di dunia dari segi jumlah pengguna.

1. YouTube - 1,5 Miliar Pengguna

Sejauh ini YouTube adalah tempat paling favorit bagi orang-orang di seluruh dunia untuk streaming musik. Perusahaan yang kini dimiliki oleh Google ini diklaim memiliki lebih dari 1,5 miliar pengunjung setiap bulannya di mana sebagiannya datang menonton video-video musik.

Secara teknik YouTube adalah platform berbagi video. Akan tetapi YouTube telah menjadi pilihan terbaik jutaan orang di berbagai belahan dunia untuk memutar musik kesayangan mereka. Selain mendengarkan, mereka juga bisa langsung menyaksikan klip video musik tersebut.

2. NetEase Music - 400 Juta Pengguna

NetEase Music adalah sebuah platform streaming dan download musik dari negeri China. Menurut laporan perusahaan di akhir tahun 2017, pengguna NetEase Music telah mencapai angka 400 juta. Angka tersebut mungkin akan terus tumbuh hingga lebih dari setengah miliar pengguna.

Ada lebih dari 10 juta lagu di database NetEase Music yang bisa dinikmati pengguna. NetEase tersedia dalam banyak platform seperti Android, iOS, Windows, macOS, dan lain-lain. Layanan streaming musik ini hanya tersedia di Mainland China.

3. SoundCloud - 175 Juta Pengguna

Selanjutnya adalah layanan streaming musik yang berbasis di Berlin, Jerman. SoundCloud didirikan pada bulan Agustus 2007 di kota Stockholm, Swedia oleh Alexander Ljung dan Eric Wahlforss.

Dengan 175 juta pengguna yang terdaftar di database mereka, SoundCloud telah menjadi salah satu layanan streaming musik yang paling populer di dunia.

4. Spotify - 170 Juta Pengguna

Spotify adalah salah satu pemain besar dalam industri streaming musik saat ini. Layanan perusahaan ini hadir di banyak negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pengguna Spotify secara global sudah mencetak angka 170 juta pengguna.

Dan yang paling mengejutkan adalah kira-kira setengah dari pengguna mereka adalah user premium atau berbayar. Pencapaian tersebut memang bisa dibilang cukup sukses bagi sebuah layanan streaming musik.

5. iHeart Radio - 100 Juta Pengguna

Nama layanan streaming musik yang ini mungkin tidak pernah terdengar di telinga orang Indonesia. Hal itu karena iHeart Radio hanya beroperasi di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, dan Selandia Baru.

6. Pandora - 74 Juta Pengguna

Layanan streaming musik yang hanya beroperasi di Amerika Serikat ini sudah memiliki lebih dari 74 juta pengguna terdaftar dengan sekitar 6 juta pelanggan.

Pandora akan memutar lagu-lagu bagi pengguna mereka yang memiliki ciri-ciri musik yang serupa. Kemudian mereka bisa memberikan feedback positif atau negatif untuk lagu yang telah dimainkan tersebut. Selanjutnya penilaian tersebut akan berpengaruh pada lagu yang akan diputar selanjutnya.

7. Gaana - 70 Juta Pengguna

Layanan musik Gaana ini sangat populer di India karena dari negara itulah asalnya. Platform streaming yang dibuat oleh konglomerat media Times Internet ini memiliki lebih dari 50 juta pengguna.

TBC...

Sumber: Forbes

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Layanan Streaming Musik Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel